Menelaah Singkat Taktik Tiki Taka Barcelona

Bookmark and Share


Menyingkapi gaya permainan Barcelona ini kami berupaya menganalisa inti poin taktik Barcelona. Gaya permainan tiki taka yang lebih mengutamakan passing bola pendek dan penempatan posisi pemain yang tepat memang begitu nikmat untuk dilihat dikarenakan aliran bola antar pemain tetap diusahakan terjaga ditambah skill individu pemain saat menerima bola. Mungkin sudah menjadi ciri khas Barcelona dengan formasi 4-3-3 baik lini belakang yang memfokuskan 2 back central dan 2 sisi lini belakang yang siap melakukan overlapping, lalu 1 defensive midfielder dan 2 figur lini tengah yang mengatur alur pemainan, kemudian lini depan yang diperkuat 3 pemain melalui 2 posisi masing-masing sayap kiri dan kanan serta 1 target man.

Ketika sedang berusaha menyerang maka pola permainan Barcelona tampak begitu kolektif dari setiap lininya, alur bola dari lini belakang hingga lini depan teratur secara apik. Selang melewati garis tengah lapang masuk ke pertahanan lawan, lini tengah dan depan Barcelona selalu menjaga ritme diantara mereka bahkan sampai kepada lini belakang yang siap melakukan overlapping guna menjaga dominasi ball possession dan mencari hingga ada peluang untuk menghasilkan gol. Strategi ini dapat dikatakan efektif dimana lawan ditekan untuk bertahan dan melakukan kesalahan fatal sehingga menjadikan celah untuk membuahkan gol bagi tim. Namun tak bisa dikatakan sempurna juga taktik ini, dikala lawan ditekan dengan permainan kolektif Barcelona maka tak ayal lawan fokus pada bertahan menutup pergerakan titik  ancaman yang Barcelona berikan. Pada akhirnya baik sisi kiri maupun kanan menjadi opsi pilihan Barcelona untuk fokus dalam serangan dengan adanya sisi lini belakang yang melakukan overlapping maupun lini tengah yang masuk membantu penyerangan pada sisi lapangan. Sangat menarik memang, akan tetapi cukup dijadikan sebuah catatan bahwa taktik ini rentan akan sedikit kesalahan. Passing bola pendek memberikan pola rate passing dengan akurasi tinggi dan saling mengerti pergerakan antar pemain, sedikit kesalahan dimana bola berpindah kepada kepemilikan lawan maka hanya 2 opsi pilihan dimana kembali merebutnya untuk melanjutkan pola serangan atau fokus kepada bertahan menyingkapi pola serangan balik lawan. Sering kali Barcelona kelabakan dengan serangan balik lawan dimana bola langsung tepat mengarah ke sisi belakang dimana pemain pada sisi tsb sedang melakukan overlapping, sehingga penetrasi 2 central back dan defensive midfielder menjadi modal utama merespon serangan balik tsb.

Taktik yang dilakukan Barcelona diibaratkan layaknya permainan catur dimana setiap bidak memungkinkan menghasilkan beragam skema penyerangan berikutnya. Apa yang utama adalah sesegera mungkin memakan bidak lawan, dikarenakan ketika pihak lawan telah kehilangan bidaknya maka mereka akan merespon dengan skema baru. Dan pada saat itu Barcelona sudah lebih unggul dengan memaksimalkan celah yang secara tidak disadari oleh lawannya. Demikian opini dari kami. Apabila ada tanggapan, tidak diharapkan provokasi dalam bentuk apapun. mohon maaf bilamana ada kekurangan dikarenakan kekurangan kami. Terima kasih.

(jahs)

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar